Skip to main content

Google Update November 2019

BloggerBlitar.COM - Ternyata diam-diam Google melakukan update algoritmanya pada bulan November 2019. Tanpa ada pemberitahuan, update ini membuat beberapa kontestasi merasa dirugikan ada juga yang diuntungkan. Anehnya, menurut Search Engine Journal, pihak yang merasa diuntungkan yakni SPAMMER, bisa mendapatkan hasil pencarian dari Google yang cukup baik. Saya rasa teman-teman sekalian ada yang merasakan dampak dari update ini.

Google Analytics BloggerBlitar

Google Update bagi BloggerBlitar.COM


Saya membaca artikel yang ditulis oleh SEJ tadi malam, dan kemudian saya analisakan dengan perkembangan terakhir blog ini, ternyata blog ini terkena pengaruh efek Google Update November 2019 ini. Dirasakan dari awal bulan November, bloggerblitar.com mengalami penurunan visitor, tapi anehnya saya lihat di beranda Google Adsense malah naik penghasilannya. Saya belum mencari informasi lebih banyak lagi, saya hanya fokus pada artikel yang ditulis oleh SEJ itu.

Dalam twitan akun Forensik SEO Alan Bleiweiss, menyebutkan bahwasannya beberapa thema yang terkena update ini antara lain :
  1. Thema tentang kesehatan - Naik 20%
  2. Travel Booking - Naik 14%
  3. Resep Makanan - Naik 12%
  4. Berita Teknologi - Turun 20%
  5. Program affiliasi kesehatan kulit - Turun 48%
  6. Blog Obat Herbal - Tidak terkena dampak
Jadi, jika blog kamu membahas salah satu thema diatas coba untuk dianalisa kembali beberapa minggu kebelakang ini dari dashboard Google Analytics kamu. Karena update November 2019 ini Google tidak pandang bulu dalam menebas visitor, baik itu blog yang masih kecil, medium ataupun blog company besar. Bahkan blog yang sudah berumur 7 tahun keatas dan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir selalu berada di halaman pertama pencariaan Google, akhirnya terlempar ke halaman ke-3 dari hasil pencarian Google. Sungguh menyakitkan gaes.

Update Google kali ini apakah masih belum sempurna atau memang ada bug proses updatenya, dikarenakan banyak yang merasa dirugikan karena turunnya jumlah visitor. Atau mungkin di bulan Desember 2019 Google akan melakukan update kembali atau seperti apa tunggu saja kehadirannya.

Google Update tidak menarget Niche tertentu


Masih simpang siur berita tentang update terbaru Google ini, karena beberapa kasus menemukan Google menarget beberapa Niche seperti misalnya Kesehatan. Atau menarget niche Travel Blogging, dan Blog Resep Makanan. Tapi menurut pakar SEO lainnya, Google bersikap profesional, team Google tidak pernah menargetkan niche apapun baik itu untuk merugikan atau menguntungkan sesuatunya.

Intinya adalah kita sabar menunggu pengumuman resmi dari Google itu sendiri, karena update-update sebelumnya Google fokus pada content yang original dan kreatif serta peran backlink yang masih menjadi hal urgent bagi google. Jadi kita hanya berharap, Google tetap akan fokus pada artikel original dan backlink yang bagus. Bukan menargetkan niche tertentu, atau konten spesifik yang hanya diperhatikan oleh Google. Semoga beberapa hari kedepan kita akan mendengar berita baik dari Google. Aamiin...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar