Skip to main content

6 Kesalahan yang tidak disengaja dapat merusak gigi kamu

Gigi adalah faktor penentu manusia bisa berumur panjang. Karena tenaga mekanisnya yang mampu mengunyah makanan sehingga bisa dicerna oleh organ-organ dalam tubuh manusia misalnya, usus, ginjal dan empedu. Pada fase gigi mengunyah makanan yang kamu makan, ini adalah penentu gizi kamu akan tercukupi. Coba bayangkan, orang tua kita yang sudah paruh baya dan tidak mempunyai gigi? Makanan yang masuk ketubuh orang tua kita sudah minim akan gizinya, misalnya adalah beras yang dibuat menjadi bubur, tentu saja akan mengurangi kadar gizinya.

Sikat gigi teratur

Mungkin dari kecil sampai dewasa, merawat gigi yang kita perlukan adalah menggosoknya sehari minimal 2 kali. Namun tahukah kamu? Bahwasannya lapisan enamel dari gigi dapat rusak juga karena tekanan dalam menyikat gigi? Mari kita simak, beberapa poin yang bisa menyebabkan gigi rusak tanpa kita sadari, dan ternyata sering kita lakukan dalam kehidupan keseharian.

Minuman Berwarna


Cuaca yang panas atau dingin sering kali kita rasakan di negeri dua musim ini, maka secara otomatis tubuh kita memerintahkan untuk memberikan reaksinya. Misalnya ketika cuaca panas, rasanya kita ingin meminum jus buah-buahan yang segar, dengan warna-warna alami dari buah itu sendiri ketika di mixer. Kemudian, ketika cuaca dingin yang kita inginkan adalah meminum kopi yang kental dan dicampur sedikit susu kental manis.

Namun, apakah kalian sadari? Minuman berwarna dapat merusak gigi kamu jika tidak kamu bersihkan secepatnya. Lantas bagaimana cara mengatasinya ketika kita jauh dari sikat gigi dan pastanya? Sebaiknya minum-minuman berwarna menggunakan sedotan agar tidak secara langsung terkontaminasi dengan gigi kita tentunya.

Check up ke Dokter Gigi

Kunjungan ke dokter gigi

Yang saya baca di media-media jurnal nusantara, telah disepakati baiknya kita berkunjung ke dokter gigi itu minimal 6 bulan sekali. Tujuannya adalah pengecekan gigi kita dari karang yang menempel pada gigi, gusi yang bengkak, atau hal-hal lainnya. Dengan kita rutin dan teratur berkunjung ke dokter gigi, tentunya kita dapat mengetahui kesehatan gigi kita dari kanker gigi dan sebagainya.

Terutama jika kita mempunyai anak kecil umur 5 - 10 tahun disarankan agar sering berkonsultasi dengan dokter gigi. Karena gigi adalah awal dari kesehatan dan asupan gizi kita tentunya. Jangan lupa yah segera jadwalkan kapan kamu akan bawa keluargamu berkunjung ke dokter gigi terdekat di kota kamu.

Gosok gigi setelah minum kopi


Pada paragraph diatas dijelaskan, minuman berwarna dapat menyebabkan kerusakan pada gigi kita dan dianjurkan kita segera membersihkannya. Namun, alangkah baiknya sebelum menyikat gigi kamu, kumur-kumur dengan air mineral terlebih dulu agar PH yang ada didalam mulut kamu mendekati PH normal yakni 7. Karena secara umum, minuman seperti kopi dan soda bersifat asam, sedangkan pasta gigi mempunya PH normal, maka dari itu kondisikan mulut kamu dalam PH normal minimal 1 (satu) jam setelah berkumur barulah menyikat gigi dengan pasta gigi.

Minuman Berenergi


Sering kita jumpai, atlet-atlet pesepakbola ketika mereka istirahat satu menit dilapangan mereka ini meminum minuman berenergi atau mengandung ion elektrolit yang bisa menahan stamina mereka di lapangan. Tapi tahukah kamu? Minuman berenergi tersebut cukup banyak mengandung gula, dan gula adalah musuh utama gigi. Kandungan gula yang tinggi pada minuman berenergi bisa menyebabkan kerusakan pada gigi tentunya. Maka dari itu, mulai dikurangin minuman seperti ini yah gaes.

Cemilan


Camilan perusak gigi

Kebiasaan diwaktu luang kita yang memakan cemilan ini bisa berakibat juga pada kerusakan gigi. Terlebih jika camilan yang kamu makan ini mengandung glukosa. Dan tidak hanya itu, dari intensitas memakan camilan ini gigi juga akan mengalami kesesakan didalam rongga-rongga gigi. Hal ini akan menyebabkan tumbuhnya bakter-bakteri di mulut kamu, dan bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Maka dari itu, ingatkan putra dan putri kita yah gaes agar satu jam sebelum tidur sudah tidak boleh lagi mengunyah makanan apapun. Dan ingatkan agar berkumur atau sikat gigi sebelum tidur.

Sikat Gigi Terlalu Keras


Ini yang mungkin jarang kita ketahui kan? Karena ingin gigi kita putih dan bersih, maka dengan semangat menyikat gigi dengan berlebihan. Hal ini juga akan merusak gigi kamu terutama lapisan enamel gigi kamu akan cepat menipis, dan gusi kamu menjadi terluka. Saran yang bagus untuk tindakan ini, biasanya saya cari sikat gigi yang kekerasannya itu medium atau sedang-sedang saja. kemudian cara menyikatnya naik turun dengan perlahan, mungkin bisa sampai 3 atau 5 menit waktu yang dibutuhkan untuk menyikat gigi.

Itulah 6 kesalahan yang tidak kita sengaja ternyata bisa merusak gigi. Sebaiknya mulai sekarang kita perbaiki kembali aktifitas yang dilakukan itu, agar tidak menyesal kemudian. Selamat berakhir pekan gaes.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar