Skip to main content

Setelah 10 tahun berkibar, Windows 7 akhirnya pamit pada 14 Januari 2020

14 Januari 2020 windows 7 tidak support lagi
Announcement windows 7
Pagi ini saya membuka leptop yang didalamnya terinstall operating system Windows 7 yang telah menemani saya sejak 2013 lalu karena kebetulan saya beli leptop Acer Aspire E1-451G pada tahun 2013 lalu. Jadi kurang lebih saya mengoperasikan windows 7 sudah hampir 6 tahunan. Kebersamaan ini sungguh tidak terasa, sudah banyak yang dilakukan windows 7 ini kepada saya. Dan hari ini saya melihat pengumuman resminya dari leptop yang berisikan akan pamit mensuport semua user pemakai windows 7 pada 14 Januari 2020 nanti. Sedih gaes.

Saya merasakan kesedihan ini sebetulnya bukan karena ditinggal windows 7 gaes, tapi karena leptop saya yang terlalu berat untuk diinstall windows 10. Banyak software yang terinstall di leptop saya dan bahkan drivernya pun lebih kompatibel dengan windows 7. Dengan adanya pengumuman ini, otomatis saya harus mulai mengumpulkan tabungan setidaknya untuk upgrade performa leptop atau ganti leptopnya juga. Sakit gaes, kebutuhan keluarga juga harus menjadi prioritas soalnya. Hehe...

Pengertian "End of Support"


Di websitenya microsoft menjelaskan, bahwasannya windows 7 yang sudah atau masih terinstall di PC/Leptop kamu memang masih bisa digunakan selamanya. Namu nantinya user tidak akan mendapatkan beberapa fitur setelahnya seperti :

1. Teknikal Support.

Artinya user sudah tidak mendapatkan dukungan teknis jika ditemukan sebuah bug yang sedang berjalan pada windows 7 yang sedang kalian gunakan. Tentunya ini sangat membahayakan gaes, ketika kita ada project atau tugas dari kanto, kemudian terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga tidak bisa lagi digunakan windowsnya, maka microsoft-pun tidak berhak untuk mencari tahu penyebabnya. Microsoft sudah memberikan forum dimana user bisa mengajukan atau menemukan bugs untuk di share di forum tersebut, dan dari pihak microsoftlah yang akan memperbaiki. Mungkin kurang lebihnya begitu.

2. Software Update.

Yang tidak kalah pentingnya adalah software update. Jadi ketika ada bugs yang terdeteksi oleh Microsoft sebagai owner dari windows, maka seketika itu juga team microsoft akan menambal bugs yang diketahui bisa membahayakan usernya. Update software ini yang seperti kita tahu, sangat intens sekali dilakukan oleh microsoft agar kita sebagai user selalu aman dalam menyimpan data-data kita ini. Dengan adanya software update ini, user tidak usah khawatir dengan virus-virus yang akan menyerang data yang tersimpan di PC/Leptop. Karena software pihak ke-tiga pun akan mengikuti update dari windows tersebut sehingga lebih aman untuk digunakan.

3. Kemanan

Dengan tidak adanya kedua point diatas, akan menyebabkan windows 7 yang kita gunakan ini rawan dari segala macam penyusupan virus. Dan otomatis software pihak ke-tiga juga tidak akan ikut meningkatkan fiturnya. Maka dari itu, ketika kita masih melanjutkan untuk menggunakan windows 7, user harus bersedia untuk tidak mendapatkan hak exclusive dari microsoft. Dan tentunya, mau tidak mau harus update ke windows 10 untuk keamanannya.

Siapa yang dirugikan


Sebenarnya, pertanyaan besar dari siapa yang dirugikan adalah instansi pemerintah, maupun swasta. Mereka harus menambah budget untuk pengadaan pembelian lisensi windows 10 yang seperti dilakukan oleh pemerintah DKI Jakarta kemarin. Dan tentunya, akan menambah beban pengeluaran tahunan instansi tersebut. Tapi ketika kita amati, banyak sekali ATM (Anjungan Tunai Mandiri) masih banyak menggunakan windows XP. Nah loh malah lebih gokil gaes, windows XP lebih lama lagi tidak mendapat support dari Microsoft gaes. Jadi, masyarakat pada umumnya juga akan merasakan kerugian dari ini. Kita akan was-was akan terjadi pembobolan terhadap account ATM kita misalnya, atau hal-hal yang negatif lainnya dikarenakan operating system yang sudah usang ini. Meskipun kita lihat, beberapa Bank Nasional sudah meningkatkan pola kemanan yang ketat untuk data-data nasabahnya. Misalnya dengan mengupgrade chip pada kartu ATM, menggunakan M-Bangking dan lain-lain itu adalah salah satu yang sudah dilakukan oleh Bank Nasional kepada nasabahnya.

SARAN


Paragraph terakhir, saya akan merekomendasikan untuk teman-teman yang memang banyak menggunakan PC/Leptop untuk data-data penting segerakan saja untuk mengganti PC/Leptopnya yang sudah support windows 10. Seperti yang kita lihat pada smartphone, teknologinya berubah secara cepat. Applikasi didalamnya pun semakin berevolusi. Jadi smartphone tua tentu tidak bisa menikmati dengan lancar applikasi terbaru yang membutuhkan spesifikasi lebih tinggi dari pada sebelumnya. Jadi saran saya, mulai menabung dan usahakan membeli leptop baru pada bulan Desember 2019, karena biasanya banyak diskon yang diberikan oleh toko-toko elektronik.

Terimakasih sudah membaca, jangan lupa share ke teman kamu yah gaes.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar