Skip to main content

Pembahasan 30 Soal Antonim dalam CAT CPNS 2019

Pembahasan 30 Soal Antonim dalam CAT CPNS 2019

BloggerBlitar.COM - Pembahasan 30 Soal Antonim dalam CAT CPNS 2019 yang akan diselenggarakan pada November nanti, sudah semakin gencar para calon CPNSer yang mau mengikuti seleksi ini nanti. Dari tahun-ke-tahun soalnya tidak jauh dari yang akan kita bahas sekarang ini. Kita mulai dari materi yang paling mudah dulu yah gaes, karena semakin cepat dan benar mengerjakan soal yang mudah, peluang mendapatkan nilai tinggi semakin kuat. Soal yang akan kalian hadapi nanti adalah soal dengan pilihan ganda A, B, C, D, dan E. Jadi kalau tidak tahu jawabannya hitung kancing baju aja gaes, hehehe.

Soal Antonim

Loyal. artinya adalah patuh; setia. Lawan katanya adalah khianat.
Defensif. artinya bersikap bertahan; dimaksudkan untuk bertahan. Sedangkan ofensif berarti serangan.
Prominen. memiliki arti terkemuka (tentang orang); menonjol. Lawan katanya adalah biasa.
Nomaden. berarti selalu berpindah-pindah; tidak punya tempat tinggal tetap. Lawan katanya adalah tetap.
Hedonisme. artinya hidup bermewah-mewah atau pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam kehidupan. Lawan katanya adalah sederhana yang berarti hidup dengan apa adanya atau tidak ria dan pamer.
Nisbi. dikandung maksud gamang; mengambang atau kebingungan. Lawan katanya mutlak yang berarti pasti; tidak ada keragua-raguan.
Reaksi. berarti tanggapan terhadap suatu aksi. Lawan katanya adalah aksi, seperti yang terjadi beberapa minggu yang lalu di Jakarta dan kota besar lainnya. Maka akan ada reaksi kemudiannya.
Aktual. benar-benar terjadi; sesungguhnya; masih baru (tentang sebuah peristiwa). Lawan katanya adalah fiktif yang berarti khayalan atau bersifat imajinasi.
Sekuler. memiliki arti bersifat keduniawian atau kebendaan. Lawan katanya adalah keagamaan; menyembah kepada sang khalik; Allah SWT.
Tentatif. sesuatu yang belum pasti dan masih bisa berubah. Pasti. sesuatu yang sudah terjadi; action dari sebuah perencanaan.
Imigrasi. perpindahan orang dari suatu daerah/negara ke daerah lain/negara lain. Migrasi. perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap melewati batas administrasi.
Amatir. suatu kegiatan yang dilakukan atas dasar kesenangan dan bukan untuk memperoleh nafkah. Amatir juga sering disebut sebagai orang yang tidak ahli. Ahli adalah orang yang paham sekali dengan bidang ilmu tertentu.
Remisi. pengurangan masa hukuman yang didasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Penambahan hukuman ialah menjatuhkan sanksi untuk pelanggar peraturan.
Elusif sukar dipahami atau diartikan; sukar diidentifikasi. Mudah dipahami maksudnya sesuatu yang tidak perlu lagi untuk dijelaskan. Misalnya : "Kita temenan aja ya."
Prolog berarti pembukaan (sandiwara, musik, pidato, dan lain sebagainya); pendahuluan. Epilog bagian penutup; fungsinya menyampaikan intisari dari sebuah cerita; kesimpulan.
Sumbang memiliki banyak arti yang mengarah kepada satu perbuatan yang salah, diantaranya adalah bersalah, kurang sopan, tidak sedap didengar atau dilihat, janggal, tidak selaran atau palsu. Benar sesuatu yang bisa dipertanggung-jawabkan.
Bersimbah artinya basah (karena terkena siraman), berlumuran (peluh, oli). Kering yang artinya tidak basah; bisa menyerap sesuatu yang mempunyai sifat fluida; atau cairan.
Alam fana adalah tempat hidupnya manusia seperti di Bumi. Alam baka artinya sesuatu kehidupan setelah kematian; surga; neraka.
Pejal berarti padat dan keras; tidak berongga. Berongga maksudnya suatu permukaan yang mempunyai celah sehingga benda asing bisa masuk diantara celahnya.
Virulen bersifat mematikan; menghasut; dan beracun. Baik ialah sesuatu yang mengarah kepada hal yang positif.
Mustahil berarti tidak mungkin. Mungkin sesuatu yang berpeluang bisa berhasil atau dikerjakan.
Basau ialah susatu yang mempunyai sifat keras. Lunak sesuatu yang empuk.
Khianat perbuatan tidak setia; menipu; perbuatan yang bertentangan dengan janji. Setia adalah berpegang teguh pada janji; dan pendirian.
Rawan artinya tidak aman; berpeluang terjadinya tindak kejahatan. Aman suatu kondisi yang tidak menyebabkan terluka. Contohnya : "Kamu bagian dalam hidupku"
Darma istilah yang diambil dari bahasa sanskerta atau sebuah kewajiban. Hak ialah segala sesuatu yang harus didapatkan oleh manusia. Contohnya : "Pembeli bakso membayar uang untuk pedagang bakso"
Temeh berarti tidak berharga atau tidak penting. Krusial gawat; genting.
Rival adalah kompetitor yang mempunyai talent hampir sama dan harus dikalahkan. Kawan suatu team dalam menaklukan hatinya.
Umum adalah sesuatu yang biasa saja; tidak khas. Khas adalah sesuatu yang spesial yang bisa menjadi ciri khasnya.
Sakit pandangan seseorang bila merasa kesehatannya sedang terganggu. Sehat tidak merasakan gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya.
Konveks artinya cembung. Konkaf artinya cekung.

Begitulah pembahasan tentang 30 soal antonim dalam persiapan test CAT CPNS 2019 yang pendaftarannya dibukan bulan November nanti. Pastikan kamu menguasai lebih banyak lagi kosakata antonim. Karena soal ini gampang tapi susah. Dan jika kamu lewat dari soal antonim, dapat dipastikan nilai kamu akan sedikit. Selamat berjuang para CPNSer dan semoga berhasil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar