Recent Posts

Dibalik persaingan artis KOREA menjelma ecommerce TOKOPEDIA vs SHOPEE

Persaingan artis korea di Tokopedia dan Shopee
Tokopedia vs Shopee
Bloggerblitar.com - Dibalik persaingan e-commerce terlaris di Indonesia, masing-masing industri ini sebetulnya mempunyai banyak kesamaan. Baik itu dalam memberikan diskon, award, free ongkir, harga murah dan sebagainya. Kedua e-commerce besar ini ternyata tidak lepas dari peran KPOP yang juga marak sekali didunia remaja Indonesia. Kenapa tidak memilih artis Jepang yah untuk bran ambasador kedua e-commerce ini? Padahal kan wibu sudah lama berdiam diri di Indonesia dibandingkan KPOP.

Budget yang dikeluarkan kedua market place ini untuk menyewa artis luar pasti tidaklah sedikit, karena informasinya artis Indonesia Mrs. Syahrini yang dijadikan Shopee sebagai brand ambasadornya ini dibayar paling sedikit 2M Rupiah gaes. Angka yang luar biasa banyak. Jadi untuk menyewa artis luar negeri tentulah pasti diatas dari artis lokal kita ini. Pasti antara Tokopedia dan Shopee ini sendiri sudah mempunyai SWOT analyst (Strenghts, Weakness, Oppotunities, and Threats) yang tidak main-main. Gila aja dananya gede loh gaes. Tapi menurut analisa penulis, tentu saja ini dibantu oleh pemegang saham yang bermain di kedua e-commerce tersebut.

Fans KPOP Indonesia


KPOP lahir di Indonesia tergolong masih sangat muda dibandingkan dengan sub culture artis-artis barat sebelumnya. Dari era 90 an, rock-and-roll Guns Rosses, Nirvana, Rolling Stone dan sebagainya. Kemudian dipertengahan 2000 sampai 2015 muncul artis-artis barat Justin Timberlake, Katy Perry, Lady Gaga. Tapi sepertinya tidak abadi atau lebih ke artis musiman. KPOP ini lebih mirip ke artis barat era 90 an yang tidak pernah tenggelam dengan kemunculan genre-genre baru. Militan lebih tepatnya fans ini, dan sangat loyal dengan idolnya. Bahkan KPOP ini menjadi Candu bagi remaja kita, yang notabene akan mempengaruhi otak produkti dimasa remaja kita saat ini.

Gaya hidup Hedonisme (pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan - disadur dari WIKIPEDIA) yang sering ditampilkan dalam drama KPOP ini yang memberi dampak negatif bagi remaja kita yang masih mempunyai otak produktif. Terbukti dengan suksesnya tiket-tiket konser artis Korea ini yang diadakan di Indonesia bisa habis terjual. Menunjukan excess dari KPOP sudah merasuki penggemarnya di tanah air kita ini. Maka dari itu tidak salah Tokopedia dan Shopee menggandeng artis korea dengan tidak lain agar remaja-remaja kita menghabiskan uangnya di market place online tersebut.

TOKOPEDIA


Yang melatar belakangi Tokopedia merekrut BTS karena berhasil membuat prestasi yang gemilang beberapa tahun terakhir ini. Grup yang didirikan pada tahun 2013 ini dan dibawah naungan Big Hit Entertainmen ini diharapkan mampu menjadi sosok inspiratif untuk penggemarnya di tanah air tentunya. Kira-kira menginspirasi dalam hal apa yah jika dihubungkan dengan market place? Jangan-jangan biar KPOPers tanah air menjadi dropship ramai-ramai gaes. Hehe...
“ BTS merupakan grup yang mampu mengubah industri musik, walaupun telah menghadapi berbagai keterbatasan dan tantangan selama perjalanan mereka. Kami sangat mengapresiasi komitmen kuat mereka dalam melakukan inovasi serta menyebarkan pesan positif, sehingga BTS adalah mitra yang tepat untuk menyampaikan pesan Tokopedia kepada seluruh dunia,” ujar CEO Tokopedia William Tanuwijaya.
Itu yang melandasi Tokopedia menggandeng BTS menjadi brand ambasadornya, ya semoga saja UKM yang menggunakan platform e-commerce ini semakin laku jualannya.

SHOPEE


Shopee menurut saya lebih semangat dalam menggaet artis KPOP, disamping dengan pilihan yang pas jatuh pada grup band BLACKPINK dan dengan lagu-lagu band tersebut yang sudah populer menjadikan chemistry antara Shopee feat BLACKPINK. Blackpink sendiri memulai karirnya pada tahun 2016 dibawah naungan Square One. Lagu-lagunya di Indonesia sendiri banyak diputar diacara-acara senam zumba misalnya.

"Sebagai kelompok penyanyi muda yang berbakat dan penuh antusias yang telah membuat prestasi di kancah musik internasional, Blackpink adalah representasi sempurna sesuai dengan nilai dan semangat Shopee," kata Chris Feng.
 Ponit plus untuk shopee yang jeli dalam mengambil peluang, dengan kepopuleran Blackpink ditanah air pasti akan lebih mendongkrak remaja-remaja kita untuk menginstall Shopee tentunya.

Kalau penulis sendiri sudah lama menginstall Tokopedia yah, disamping applikasinya yang mudah dipahami juga sudah terlanjur install sih. Tapi ada juga kok applikasi Shopee di smartphone penulis, jadi tinggal pilih mana yang memberikan keuntungan untuk user yekan?

0 Response to "Dibalik persaingan artis KOREA menjelma ecommerce TOKOPEDIA vs SHOPEE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel