Recent Posts

CPNS 2019, antara ada dan tiada tapi harus dipersiapkan November nanti

Daftar CPNS 2019 mulai November
CPNS 2019 menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara atau BKN Mohamad Ridwan akan dibuka pendaftaran CPNS mulai minggu keempat Oktober 2019. Rencana informasi formasi yang dibutuhkan oleh pemerintah akan keluar setelah proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019 pada 20 Oktober 2019 nanti. Total formasi yang akan dibuka sendiri sebanyak 197.111 dengan rincian :

  • 37.854 formasi untuk kementrian/lembaga
  • 159.257 formasi untuk daerah


4 kali daftar CPNS


Saya ingin bercerita tentang kisah saya selama mengikuti test CPNS ini gaes. Saya mengikuti test CPNS seingat saya sebanyak 3 kali pendaftaran semenjak lulus kuliah. Test pertama saya mengikuti Test CPNS Kabupaten atau daerah, waktu itu saya memilih di Kabupaten Purbalingga. Kebetulan didaerah Purbalingga ada kualifikasi pendidikan saya waktu itu. Kesalahan saya pada waktu itu tidak mempersiapkannya dengan matang sehingga hasilnya pun tidak lulus. Hehehe... naseeppp...

Tidak patah arang, saya mengikuti test CPNS kedua kalinya. Kali ini saya masih mengikuti CPNS Kabupaten Brebes, walaupun tidak ada kualifikasi pendidikan saya coba peruntungan dengan memilih jabatan dengan kualifikasi pendidikan umum tingkat Sarjana. Sepertinya keberuntungan belum berpihak, test kedua kali ini kembali menuai hasil zonk.

Tahun berikutnya saya masih mencoba mengikuti test CPNS kembali. Kali ini saya mengikuti seleksi CPNS di Kabupaten Bandung.Penuh perjuangan memang demi menjadi abdi negara. Karena kebetulan ayah saya juga pensiunan abdi negara maka saya pun berkeinginan mengikuti jejak beliau. Tapi lagi-lagi saya belum pantas menjadi abdi negara, dan hasilnya pun gagal kembali.

Akhirnya saya absen seleksi selanjutnya dan fokus bekerja di Perusahaan swasta, kebetulan saya bekerja di PT Astra Agro Lestari di bagian Proses Pengolahan minyak kelapa sawitnya. Kurang lebih 4 tahu setelahnya, istri saya iseng mendaftarkan saya di CPNS Kementrian. Saya lupa kementrian apa, dan waktu itu test seleksinya di Jakarta. Saya izin cuti 2 hari untuk pergi ke Jakarta, mencoba keberuntungan test CPNS kali ini di Kementrian Indonesia. Kali ini test sudah menggunakan komputer, 3 kali saya test masih memakai model lama dan kali ini menggunakan komputer atau sistem CAT. Seingat saya, setiap selesai test peserta sudah bisa mengetahui lolos atau tidaknya karena terlihat point terakhrnya. Dan lagi-lagi saya tidak diharapkan menjadi abdi negara, karena kembali gagal diperuntungan yang keempat kali ini. Tahun ini adalah batas saya mengikuti test CPNS karena umur saya yang sudah memasuki limit terakhir dari syarat CPNS ini. Hikz syedih sih...

CPNS 2019


Dari informasi-informasi yang sudah banyak beredar, seleksi CPNS tahun ini akan diumumkan setelah pelantikan kepala negara pada 20 Oktober 2019 nanti. Harapannya saya ingin mencoba kembali, tapi dengan ilmu yang sudah makin berkurang rasanya sudah menyerah dahulu untuk bersaing dengan anak-anak muda yang baru lulus kuliah.

Kesalahan saya memang semuanya tidak dipersiapkan dengan baik. Tidak mencoba berlatih menyelesaikan soal-soal yang biasa keluar dalam seleksi CPNS. Tidak mencari informasi ataupun source yang kredible dalam membimbing latihan soal menjadikan saya kalah bersaing.

Saya rasa persaingan akan menjadi berat pada bulan November 2019 nanti, karena kebijakan perencanaan ASN untuk mencari SDM yang spesifik sesuai core business instansi. Tapi saya rasa tidak ada yang tidak mungkin selama kamu berusaha sekeras mungkin. Masih ada sisa waktu untuk mempersipakan segalanya. Cari guru bimbingan seperti ruang guru, ataupun mencari guru senior didaerah kamu. Latih mengerjakan soal-soal, beli buku kisi-kisi CPNS dan sebagainya.

Semoga tahun ini kamu lolos menjadi abdi negara gaes, selamat berjuang dalam seleksi pendaftaran CPNS 2019.

Semangat pagi!!!

0 Response to "CPNS 2019, antara ada dan tiada tapi harus dipersiapkan November nanti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel