Recent Posts

2 Oktober, Hari batik nasional. Kamu sudah pakai belum?

Hari Batik Nasional 2 Oktober

Desa Bajayau, 2 Oktober 2019.

"Dalam rangka memperingati hari batik nasional, besok hari rabu, 2 oktober 2019 maka dari itu seluruh karyawan harap memakai batik dan kita akan melakukan foto bersama" instruksi dari Manajer kami.

Asal Usul


Mungkin sedikit yang tahu, kenapa tanggal 2 Oktober ini dijadikan sebagai hari Batik Nasional. Sebagai informasi, Peringatan hari batik ini terjadi ketika Indonesia mendapatkan pengakuan dunia pada tahu 2009 dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organisation ( UNESCO ). Dalam hal ini Batik dijadikan sebagai warisan tertuan di dunia, jadi kita wajib bersyukur karena karya seni luluhur kita bisa dikenal sampai keseluruh dunia. Batik Indonesia didaftarkan untuk mendapat status ICH, dan dinilai mempunyai keunikan dan filosofi yang mendalam serta mencakup siklus hidup manusia.

Pada akhir abad ke - 19, ditemukan motif batik sehalus grinsing diproduksi di Kediri pada abad ke - 12. Dan dalam masa perjalanannya sampai sekarang, batik berevolusi menjadi pakaian yang stylis dan bisa digunakan dalam acara formal maupunn non-formal.

Memperingati Batik


Sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur kita yang sudah menciptakan batik ini, seyogyanya kita sebagai penerus bangsa turut serta memajukan kesenian ini. Dan menghormati ini tidak harus ketika memasuki tanggal 2 Oktober, melainkan keseharian kita dalam melestarikan batik ini. Sehingga tidak akan dilupakan meskipun telah berlanjut ke generasi selanjutnya.

Batik merupakan warisan, warisan ini yang harus dijaga oleh setiap generasi. Akan punah ditelam oleh waktu ketika arus modernisasi melibas generasi yang tidak peduli akan seni dan budaya. Seni dan budaya harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak terlindas oleh kecanggihan teknologi. Menjaganya agar bisa terus digunakan oleh generasi selanjutnya adalah tugas kita.

Dengan cara memakainya setiap minggu sekali dilingkungan pekerjaan, ataupun memakainya pada saat acara formal dan non-formal. Dengan perkembangan zaman juga, batik seharusnya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dikenal sampai pelosok negeri Indonesia, dari Sabang sampai Merauke memakai batik.

Peran kita sebagai generasi millenial harus tahu bagaimanaa cara mempromosikannya. Melalui account Sosial Media kita misalnya; Facebook, Instagram atau Twitter. Dengan begitu semua lapisan masyarakat akan mengenal batik dan mau memakainya dalam kesehariannya.

Hari Batik Nasional 2 Oktober

Identitas Indonesia


Dengan diperingatinya 2 Oktober sebagai hari batik, maka itu mari kita jadikan semangat batik dalam jiwa kita. Sehingga masyarakat luar mengerti bahwasannya Batik merupakan salah satu identitas Indonesia. Hanya melihat cara berpakaian menggunakan batik, maka saat itu juga orang luar akan mengetahui bahwasannya kita berasal dari Indonesia. Dengan begitu secara tomatis akan meningkatkan sektor pariwisata dalam negeri.

Dengan kita mempunyai suatu identitas yang melekat ini, pastinya negara Indonesia akan dipandang sebagai negara yang bermartabat. Dan akan disegani diacara forum-forum International.

Hari ini kami sudah merayakan hari batik nasional, bagaimana dengan kamu?

Tidak ada kata terlambat untuk mengapresiasi suatu karya seni, hari ini juga silhkan cek isi lemari kamu dan pakailah batik kamu itu. Tegapkan badan bahwasannya kita bangga memakai Batik. Jangan malu, share ke sosial media kamu. Jadikan sebagai status "Aku bangga memakai batik" gaungkan ke seluruh dunia Indonesia adalah negara yang bermartabat.

Akhir kata, penulis akan mengenakan batik setiap hari Jumat sebagai bentuk kecintaan penulis akan kesenian yang dimiliki oleh Indonesia. Tidak akan luntur warnamu, tidak akan lusuh kainmu. Di hati kami kamu akan terpatri selama-lamanya. BATIK.

0 Response to "2 Oktober, Hari batik nasional. Kamu sudah pakai belum?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel