Breaking

logo

9/23/2018

Ini Dia 6 Fitur Terbaru Instagram Yang Harus Kamu Coba

Ini Dia 6 Fitur Terbaru Instagram Yang Harus Kamu Coba

Inilah 6 Fitur Terbaru Instagram Yang Harus Kamu Coba - Per Juni 2018, instagram telah memamerkan lonjakan pengguna aktif perbulannya yang tembus 1 Milyar, pertumbuhan ini lebih cepat dibanding facebook yang mencapai 2.2 Miliar dan juga kompetitornya snapchat yang di periode ini mencapai 191 juta pengguna aktif perbulannya.

Tak hanya itu, Di update terbaru ini instagram juga memperkenalkan beberapa fitur baru yang terinspirasi dari aplikasi lain seperti Instagram stories yang terinspirasi dari fitur stories yang ada di SnapChat. Yang mana instagram Stories disebut menggaet 400 juta pengguna aktif perhari. Lagi-lagi, jumlah ini lebih banyak dua kali lipat dari pengguna Snapchat yang lebih awal mengenalkan fitur Stories.

Tak hanya Snapchat, sepertinya instagram juga terinspirasi dari fitur aplikasi lain seperti IGTV yang mirip dengan youtube dan “Question” (pertanyaan) yang serupa dengan fitur ask.fm. apakah hanya 2 fitur tersebut? Tentu saja tidak. Ada beberapa fitur baru instagram yang menduplikat skema aplikasi pesaing.

Untuk lebih detailnya tentang fitur-fitur terbaru instagram. Silahkan ikuti ulasan-ulasan admin berikut ini.
1.IGTV mirip Youtube
Aplikasi yang satu ini mungkin fitur baru instagram yang paling mencolok, IGTV merupakan aplikasi yang dibuat terpisah dari instagram. Namun, IGTV tetap bisa diakses dari aplikasi utama. IGTV digadang-gadang akan menjadi pesaing platform berbagi video terkenal saat ini yaitu youtube.

Keduanya sama-sama menawarkan kenyamanan menonton video berdurasi panjang, meski keduanya ada perbedaan. Diantaranya adalah format video di instagram yang vertikal, penyatuan platform di instagram dan facebook, urutan linimasa video dan durasi video yang maximal 1 jam.

Dan sejauh ini youtube jauh lebih unggul dibanding IGTV, karena IGTV belum menyisipkan fitur Live streaming. IGTV belum dijejali iklan yang mengganggu sejauh ini, meski diprediksi IGTV akan menjadi ladang empuk bagi para creator video.

2.Efek Filter dan Sticker AR
Perbaruan fitur satu ini juga dirilis berbarengan dengan video chat dan topic channel. Menggandeng beberapa mitra seperti penyanyi pop Ariana Grande, BuzzFeed, Baby Ariel, Liz Koshy dan NBA. Instagram merilis efek kamera sesuai ciri khas para mitra tersebut.

Jika Anda mengikuti salah satu akun mitra di atas, maka efek kamera akan muncul di pilihan Instagram Stories, baik berupa filter 2D atau augmented reality (AR).

Snapchat sebenarnya lebih dulu memperkenalkan fitur filter untuk stories-nya. Salah satunya adalah fitur Geofilters yang mirip Geolocation Sticker di Instagram. Keduanya merupakan sticker tematik yang disesuaikan dengan lokasi penggunanya, yang juga bisa menampilkan landmark atau ikon kota setempat.

Seperti Instagram, filter yang tersedia juga 2D dan AR. Sticker AR yang dulu menjadi primadona pengguna Snapchat baru hadir di Instagram Story setahun setelah diperkenalkan Snapchat.



3.Video chat
Fitur video chat sebenarnya sudah banyak diadopsi beberapa aplikasi seperti Line, WhatsApp, Facetime, Facebook dan Snapchat. Di Instagram, fitur ini diakses melalui "direct message".

Sebagai perbandingan, fitur video chat Instagram bisa menampung dua hingga empat orang termasuk si penelepon dalam satu ruang obrolan. Jumlah ini relatif kecil dibanding pesaingnya.
Seperti Snapchat yang bisa menampung 16 orang, hingga 32 orang yang bisa mendengarkan via audio.

Facetime di iOS, bisa menampung 32 orang, sementara Facebook Messenger, bisa menampung enam orang untuk tatap muka dan 50 orang lainya sebagai pendengar. Meski sedikit, Instagram menawarkan hal menarik di fitur ini. Saat video chat masih berlangsung, pengguna bisa memperkecil jendela video, dan lanjut menyusuri feed Instagram di beranda.

4.Topic channels di explores
Bersama peluncuran video chat, Instagram juga merombak bagian pencarian atau "explore". Dengan fitur "topic channels", pengguna bisa lebih mudah mencari konten yang disukai yang telah dikategorikan. Seperti konten musik, komik, travel atau lainnya yang diklaim diurutkan berdasarkan preferensi pengguna.

Fitur ini kurang lebih sedikit mirip dengan fitur "discover page" di Snapchat. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengakses konten dari penerbit, iklan, stories dari orang-orang yang mereka ikuti meski tidak berteman.

5.Aplikasi belanja di stories
Tak hanya meluncurkan hiasan sticker dan filter baru, Instagram juga memboyong fitur belanja (shopping) ke Instagram Stories awal Juni kemarin. Di fitur ini, para brand seperti Adidas, hingga Louis Vuitton bisa memamerkan katalog produknya dan membubuhkan stiker tas belanja (shopping bag).

Dengan mengklik Shopping Bag, pengguna bakal diberikan informasi mengenai produk yang dipilih dan bisa langsung membelinya via stories. Lagi-lagi, fitur ini mirip dengan fitur Shoppable AR di Snapchat yang dirilis April lalu.

Fitur ini memudahkan para pengiklan untuk menjual produk mereka melalui fitur "lensa" alias menu filter di Snapchat. Pengiklan yang ikut mensponsori filter tersebut, bisa menampilkan produk mereka berupa filter AR yang bisa digunakan untuk hiasan swafoto.

Para pengiklan juga menambahkan tombol langsung ke "lensa" untuk menuntun pengguna mengunjungi situs produk mereka dan bisa membelinya langsung melalui Snapchat.

6.Question
Tidak hanya menduplikasi fitur Snapchat dan YouTube, Instagram juga membawa fitur utama aplikasi tanya jawab populer, ask.fm. Instagram membawa skema ask.fm ke fitur "question" yang bisa disematkan di Instagram Stories. Selama ini, pengguna hanya bisa mengajukan pertanyaan terbuka melalui dua pilihan jawaban yang muncul di opsi sticker.

Beberapa hari diluncurkan, agaknya fitur ini cukup banyak diminati pengguna Instagram. Pengguna bisa melempar pertanyaan ke pengikutnya di kolom yang "ask me something", lalu para pengikutnya bisa memberikan respon di kolom "type something".

Dari segi bisnis, fitur ini sangat menarik untuk membaca respon dari para konsumennya. Bagaimana cara menggunakan fitur pertanyaan di Instagram ini bisa ditilik lebih lanjut di artikel berikut.

Baca juga: Cara Bikin Posting Pertanyaan di Instagram Stories

Selain ketujuh fitur di atas, dalam sebulan ini Instagram juga meluncurkan fitur soundtrack di platform iOS. Fitur ini akan memudahkan penggunanya untuk menyisipkan lagu sebagai latar Instagram Stories. Instagram juga merilis fitur @mention sharing, di mana pengguna bisa membagikan Instagram Story dari pengguna yang menandai (mention) akunnya.

Bisa jadi, dengan modal pengguna yang terus beranjak, pengguna fitur "duplikat" di Instagram bisa menggeser aplikasi inisiator fitur-fitur tersebut.

Instagram seperti merangkum semua fitur-fitur unggulan dari kompetitor di dalam satu aplikasi. Sehingga, pengguna seakan tertahan dengan suguhan beragam fitur Instagram yang semakin memanjakan, tanpa harus melirik aplikasi lain.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact