Thursday, 27 September 2018

Cara Menerjemahkan Tulisan Di Gambar Dengan Aplikasi Google Translate

Cara Menerjemahkan Tulisan Di Gambar Dengan Aplikasi Google Translate - Hallo sobat semua, pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah tutorial yang insya Allah akan bermanfaat bagi sobat semua yaitu Menerjemahkan tulisan yang ada di gambar dengan aplikasi google translate. Oke, Mungkin kita pernah mengalami kebingungan dan tidak mengerti ketika membaca buku-buku atau dokumen penting lainnya dengan bahasa inggris dan berbagai bahasa lainnya. Banyak tulisan-tulisan asing yang tidak kita mengerti di dalam gambar atau dokumen tersebut.
Untuk mengetahuinya, mungkin kita harus mentranslate satu persatu tulisan tersebut untuk mengetahui arti dari isi dokumen maupun gambar tersebut. Tapi sobat jangan khawatir, karena menerjemahkan tulisan di buku maupun di gambar ternyata ternyata sangat mudah, kita bisa menggunakan Google translate image online.

Anda dapat menerjemahkan menggunakan kamera untuk beberapa bahasa yaitu dengan cara mengarahkan kamera ponsel ke gambar atau teks yang akan di translate tersebut. Untuk lebih jelasnya, saya akan membagikan tutorial  cara translate tulisan dengan menggunakan gambar dengan cepat tanpa ribet. Cukup foto dan google translate akan langsung menerjemahkannya.

1.Download dan Install aplikasi Google Translate di Hp android anda.


2. Pada tampilan awal, anda diminta memilih set up google translate, anda tidak disarankan memilih translate offline, karena anda butuh koneksi internet yang baik untuk mendownload. Jika anda sudah selesai memilih, Tap Finished. Karena nanti anda masih bisa mengatur ulang bahasa yang akan di translate sesuai keinginan anda.

3. Tap icon camera yang berada di bagian kiri untuk memulai memfoto.


Gambar 1

4. Arahkan kamera anda pada objek tulisan yang ingin di foto seperti contoh dan tap tanda kamera untuk captured (1). Jika anda sudah memfoto sebelumnya, anda bisa tap icon berbentuk persegi dibagian kiri bawah untuk menghubungkan anda ke galeri handphone anda dan tunggu prosesnya.(2)

Gambar 2

5.Google translate akan melakukan scan pada objek tulisan anda. Pastikan anda terhubung dengan koneksi internet.

6.Tahap selanjutnya anda tunggu sesaat sampai proses scan selesai, anda bisa tap pada icon “Select All” yang berada di paling bawah untuk menerjemahkan semua teks yang ada di gambar.


Gambar 3

Tapi, jika anda hanya ingin menerjemahkan bagian tertentu saja, anda bisa meng highlight atau mengusap pada bagian teks yang ingin diterjemahkan menggunakan jari seperti contoh dibawah ini.

Gambar 4

7.Google akan menerjemahkan pada teks yang anda pilih tadi dan tunggu beberapa saat.
8.Setelah translate selesai, maka akan secara otomatis tampil pada sebuah menu. Dan anda akan melihat dua bagian, dimana bagian atas (1) adalah hasil dari foto dan yang bawah (2) adalah hasil dari translate/terjemahan. Dan jangan lupa untuk memeriksa kembali hasil translate tersebut.


Gambar 5

Setelah itu, klik yang menu bawah. (2) dan ikuti langkah selanjutnya

9.Pada bagian bawah terdapat tanda persegi untuk mengcopy hasil terjemahan, dan anda juga bisa memilih titik tiga untuk membagikan hasil terjemahan tersebut.

Gambar 6

10.Hasil dari translate akan secara otomatis masuk ke history. Dan anda bisa membukanya kembali setiap waktu.
11.Selesai

Demikian artikel dari saya tentang Cara Menerjemahkan Tulisan Di Gambar Dengan Aplikasi Google Translate, Semoga artikel yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih

Hanya seorang Blogger & Content Writer yang senang mempelajari dan berbagi informasi, tutorial dan seputar dunia internet.


EmoticonEmoticon