Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendaftar Kartu Prabayar Telkomsel Untuk Nomer Lama dan Nomer Baru

Cara Mendaftar Kartu Prabayar Telkomsel Untuk Nomer Lama dan Nomer Baru - Sejak 31 October 2017 yang lalu kementrian Komunikasi dan Informatika ( Kemkominfo ) mewajibkan untuk semua pengguna Operator Seluler untuk melakukan Registrasi  kartu prabayar, baik nomer lama maupun nomer baru.

Untuk kartu prabayar lama yang belum di Registrasi Ulang akan mendapatkan Sanksi pemblokiran bertahap. Mulai 28 Februari akan dimulai hitung mundur pemblokiran secara bertahap. Jika dalam waktu 30 hari belum melakukan registrasi, maka akan dilakukan pemblokiran SMS dan Panggilan keluar. Kemudian, setelah panggilan keluar dan SMS diblokir dan masih belum melakukan registrasi, maka akan dilakukan Pemblokiran SMS dan Panggilan Masuk. Dan setelah 15 hari belum registrasi juga, maka paket data internet dan seluruh layanan akan diblokir.

Jadi, ada tiga tahap pemblokiran kartu prabayar yang belum diregistrasi sebagai berikut:

1. Kartu prabayar, yang belum diregistrasi sampai 30 Maret 2018, akan mengalami pemblokiran layanan telepon keluar dan SMS keluar mulai 31 Maret 2018

2. Kartu prabayar, yang belum diregistrasi sampai 14 April 2018, mengalami pemblokiran layanan telepon masuk dan SMS masuk mulai 15 April 2018

3. Kartu prabayar, yang belum diregistrasi sampai 29 April 2018, mengalami pemblokiran untuk layanan Internet mulai 30 April 2018.

Pada periode hitung mundur pemblokiran, pelanggan masih bisa melakukan SMS Registrasi ulang ke 4444 sampai habis masa berlaku kartu SIM.

Langkah-langkah Registrasi Kartu Prabayar Telkomsel Lama dan Baru
Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 mewajibkan pelanggan melakukan registrasi nomor kartu prabayarnya dengan menyetor Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Baik NIK maupun Nomor KK terdiri atas 16 digit angka. NIK selalu tercatat pada Kartu Keluarga maupun Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Untuk Registrasi kartu prabayar Telkomsel, Sobat bisa melakukan dengan tiga cara.
1.Registrasi kartu prabayar Telkomsel(Simpati, As dan Kartu Loop) bisa lewat situs resmi telkomsel yaitu https://www.telkomsel.com/daftar-ulang-prepaid atau https://tsel.me/reg

Setelah membuka tautan itu, langkah-langkah registrasi ulang kartu prabayar Telkomsel ialah sebagai berikut:

1. Ketik nomor telepon yang ingin diregistrasi
2. Ketik nomor NIK
3. Ketik nomor KK
4. Ketik password yang dikirim operator lewat SMS setelah klik "Dapatkan Password"
5. Klik "Kirim"

2.Registrasi kartu prabayar Telkomsel melalui SMS ke 4444. Untuk cara ini ada perbedaan cara registrasi kartu prabayar Telkomsel lama dan perdana atau baru.

Format SMS registrasi kartu Prabayar Telkomsel lama adalah: ULANG (spasi) NIK#Nomor KK# kirim ke 4444.
Contoh SMS yang dikirim ke 4444: ULANG 1234567890123456#3201060411300279#

Sementara format SMS registrasi kartu Prabayar Telkomsel baru ialah: REG (spasi) NIK#Nomor KK# lalu kirim ke 4444. Contoh SMS yang dikirim ke 4444: REG 1234567890123456#3201060411300279#

Apabila SMS dinyatakan tidak valid, maka pelanggan perlu melakukan cek dan ricek format SMS Registrasi Ulang data NIK dan Nomor KK yang diisikan. Pastikan semuanya benar dan menggunakan NIK dan Nomor KK yang sah. Kemudian lakukan SMS Registrasi Ulang lagi.

Dalam siaran resminya, Telkomsel menyatakan juga menyediakan berbagai layanan agar pelanggan mudah melakukan registrasi kartu prabayar, yakni menu akses *444#, Call Center 188, mesin pelayanan mandiri MyGraPARI, layanan GraPARI Virtual (virtual assistance melalui LINE, Facebook Messenger dan Telegram), web dan aplikasi MyTelkomsel, serta pusat pelayanan pelanggan GraPARI.

Telkomsel memberikan bonus bagi pelanggan prabayar yang telah melakukan registrasi ulang berupa kuota data sebesar 10 GB, 150 menit telepon, dan 75 SMS hanya dengan tarif Rp10. Paket bonus ini berlaku selama tiga hari dan ditawarkan secara otomatis melalui SMS bagi pelanggan yang sukses registrasi dan telah berlangganan lebih dari tiga bulan.

Di samping itu, dengan melakukan isi ulang pulsa minimal Rp20.000, pelanggan yang sudah melakukan registrasi kartu prabayar juga dapat menikmati paket “Modal Jempol” seharga Rp10 dengan kuota data hingga 5 GB untuk pemakaian selama dua hari.

Demikian artikel dari saya tentang Cara Mendaftar Kartu Prabayar Telkomsel Untuk Nomer Lama dan Nomer Baru, Semoga artikel yang saya berikan bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Mendaftar Kartu Prabayar Telkomsel Untuk Nomer Lama dan Nomer Baru"