Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) Gratis Di Blogger Custom Domain

Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) Gratis Di Blogger Custom Domain - Kabar Gembira, Diawal tahun 2018 ini Google telah memberikan SSL Gratis bagi sobat yang menggunakan platform Blogger Custom Domain.

Cara Mengaktifkan SSL (https) Gratis Di Blogger Custom Domain

Dimana SSL gratis ini mempunyai fungsi membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs yang berbahaya. Dan lebih sulit bagi penyerang untuk mendengarkan percakapan situs, melacak aktifitas atau mencuri aktifitas mereka.

Pengertian SSL
SSL atau Secure Socket Layer adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

Mengapa menggunakan SSL?
Alasannya cukup jelas pada paragrap pertama, namun secara garis besar SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet  dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut.

Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas. 

Lalu, Bagaimana Cara Mengaktifkan SSL di Blogspot Custom Domain?
Cara mengaktifkan SSL di Blog-pun sangat mudah dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Dan Google telah menyediakannya di Blogspot maka kita harus mengaktifkannya pada halaman Setting. Atau perhatikan caranya berikut : Login ke “Dasbor” blogger masing-masing melalui alamat Https://draft.blogger.com .


Cara Mengaktifkan SSL (https) Gratis Di Blogger Custom Domain
SSL Blogger


Untuk aktivasi HTTPS silahkan pilih Setelan > Dasar, untuk aktivasi HTTPS mulailah dengan memilih tombol “Ya” seperti yang ditunjukkan gambar (Nomer 1) diatas.

Setelah selesai, Silahkan tunggu beberapa menit (kurang lebih 5 menit). Dan Refresh Browser Sobat. Langkah selanjutnya adalah aktivasi fungsi redirect to HTTPS untuk mengarahkan pengguna ke halaman HTTPS.

Cara Mengaktifkan SSL (https) Gratis Di Blogger Custom Domain
Redirect https

Selanjutnya tombol Redirect To HTTPS akan terbuka, yang tadinya “Tidak” sobat ganti dengan “Ya”. Dan Sampai disini proses memasang Https di Blogspot telah selesai dilakukan. Dan tunggu beberapa saat sampai Url Blog bisa optimal.

Dan untuk langkah selanjutnya, Silahkan Submit Ulang Blog sobat ke Search Console atau Google Webmaster Tool dengan Format.
Dari http://bloggerblitar.com menjadi https://bloggerblitar.com. Lalu sobat hapus kepemilikan blog yang menggunakan versi sebelumnya baik http atau www.

Sampai disini artikel dari saya tentang Cara Mengaktifkan SSL (https) Gratis Di Blogger Custom Domain, Jika sobat masih belum paham tentang artikel diatas. Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Dan admin akan senang hati untuk membantu. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) Gratis Di Blogger Custom Domain"