Cara Mengirim Peta Situs (Sitemap) Ke Google Webmaster Tool

February 04, 2018
Cara Mengirim Peta Situs (Sitemap) Ke Google Webmaster Tool - Halllo sobat blogger semua, gimana kabarnya? Sebelumya saya sudah membagikan artikel tentang Cara Mendaftarkan dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tool dan Pada kesempatan ini Admin akan membagikan artikel tentang cara Mengirim Peta Situs (Sitemap) Ke Google Webmaster Tool.

Cara Mengirim Peta Situs (Sitemap) Ke Google Webmaster Tool
Webmaster Tools

Mengirim Peta Situs (Sitemap) adalah hal penting yang harus dilakukan oleh para pemilik blog, karna dengan kita mengirim atau mensubmit Peta Situs Blog maka akan lebih mudah untuk dikenali dan dijelajahi oleh robot mesin pencari google.

Dan dengan kita mengirim peta situs ke Webmaster Tool adalah salah satu Tips SEO yang paling ampuh, mudah, murah selain menentukan target pengunjung. Selain itu akan mempercepat pengindeksan artikel blog kita, meski tidak ada jaminan bahwa artikel kita akan muncul dan tampil dihalaman pertama google. Namun dengan cara kita mengirim peta situs di Webmaster Tool adalah cara yang tepat untuk membangun blog yang lebih baik kedepannya.

Dan pastikan sebelum sobat mengirim peta situs blog, Sobat sudah mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tool (Search Console). Jika belum mendaftarkan Blog ke Webmaster Tool, silahkan baca artikel saya sebelumnya : Cara Mendaftarkan Dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tool.

Cara Submit Blog Ke Google Webmaster Tools.
Berikut beberapa peta situs yang bisa sobat gunakan.

sitemap.xml
feeds/posts/default?orderby=updated
atom.xml

Untuk melakukan Submit Sitemap, silahkan login dulu ke Google Webmaster Tool. Setelah berhasil masuk pada akun google Webmaster silahkan klik URL situs blog yang akan dioptimasi.
Cara Mengirim Peta Situs (Sitemap) Ke Google Webmaster Tool

Pada menu sebelah kiri Dasboard klik Perayapan > Peta Situs > Tambahkan/Uji peta situs. Setelah itu anda akan melihat menu untuk submit peta situs. Lalu copy Peta situs diatas kedalam kolom yang disediakan, Klik Test untuk mengetahui apakah peta situs yang kita kirim bermasalah (Error) atau tidak.
Cara Mengirim Peta Situs (Sitemap) Ke Google Webmaster Tool

Setelah peta situs kita uji coba dan berhasil dirayapi dengan baik oleh robot google (tidak error), Selanjutnya klik submit. Maka sobat akan melihat tampilan yang meminta sobat untuk merefresh halaman tersebut, lalu klik “Refresh The Page”.
Catatan : Peta Situs diatas bisa sobat Submit satu persatu atau satu saja sudah cukup. Tapi untuk hasil yang maksimal silahkan di Submit semua.

Sampai disini kita sudah berhasil mengirim peta situs blog. Google akan melakukan pengindeksan kurang lebih 24 jam sejak disubmit (didaftarkan). Namun jika artikel masih sedikit, biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Tapi jika artikel/postingan blog kurang dari 500 (1-500) Namun sudah ratusan, maka sobat bisa menggunakan kode dibawah ini.
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Apabila postingan/artikel blog lebih dari 500 dan dibawah 1000, maka sobat bisa menggunakan dua kode berikut ini dan submit satu persatu.
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, maka blog kita Kelola akan lebih SEO daripada sebelumnya. Tugas anda selanjutnya adalah sering-sering membuat artikel agar blog kita sering dirayapi mesin pencari. Sehingga semakin sering atau banyak blog kita dirayapi google, maka semakin banyak pula keyword (kata kunci ) yang mengarah ke situs kita, sehingga peluang mendatangkan traffic juga semakin besar.

Demikian sedikit informasi mengenai Cara Mengirim Peta Situs (Sitemap) Ke Google Webmaster Tool, semoga artikel diatas bermanfaat bagi sobat blogger semua. Jika ada kritik dan saran silahkan masukkan pada kolom komentar. Terima Kasih

Hanya seorang blogger newbie yang ingin berkarya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »