Breaking

logo

7 Alasan Kenapa Orang Jawa Selalu Diterima Dimanapun Mereka Berada

7 Alasan Kenapa Orang Jawa Selalu Diterima Dimanapun Mereka Berada

7 Alasan Kenapa Orang Jawa Selalu Diterima Dimanapun Mereka Berada - Orang-orang jawa memang dikenal sebagai perantau yang ulung, Buktinya mereka ada dimana-mana, mulai dari ujung barat sampai ujung timur indonesia. Alasan mereka merantau pun bermacam-macam, Entah karena pasangannya atau untuk mendapatkan nasib yang baik.
Keunikan yang lainnya yaitu orang jawa bisa diterima dengan baik dan dimanapun orang jawa berada selalu disukai oleh orang-orang disekitarnya.

Bahkan kita jarang mendengar orang jawa perantauan Berbuat rusuh atau anarkisme. Karena orang jawa dibesarkan dengan nilai-nilai, sehingga inilah yang mereka pegang sebagai pedoman Hidup dimanapun mereka berada.

Nah, berikut adalah alasan-alasan kenapa orang jawa selalu bisa mendapat hati banyak orang disekitarnya.

1.Orang jawa Kalem dan Lebih suka ngalah

Seperti hal nya medan yang keras dan orang timur yang nada tinggi, Orang jawa juga terkenal dengan ciri khas nya yang kalem, karena sifatnya yang seperti ini membuat mereka bisa meluluhkan hati. Bukan hanya itu, orang jawa juga cenderung dengan sifat mengalah.  Misalnya ketika ada masalah, kebanyakan orang jawa akan berdamai setidaknya dengan diri sendiri.

2.Orang Jawa Ahli Dalam Membaur

Semangat orang jawa harus diakui luar biasa,karena mereka sangat ahli bersosialisasi dan menempatkan diri. Di Tanah rantauan pun juga begitu, orang jawa sangat mudah untuk kenal dan kemudian cepat bergabung dengan komunitas masyarakat.

Guyub adalah istilah yang tepat untuk perilaku ini, dan artinya rukun atau kebersamaan. Sebisa mungkin orang jawa akan langsung masuk di lingkup masyarakat setempat, begitu mereka menempati tempat baru.

Sikap Sok Kenal Sok Dekat (SKSD) mereka Yang kadang bikin nyebelin untuk sebagian orang, tapi ini yang menjadikan kita cepat akrab dengan orang jawa.

3.Mereka Punya Sopan Santun

Orang jawa dan Sopan Santun memang seperti tak bisa dilepaskan, memang begitulah mereka. Coba perhatikan ketika orang jawa lewat didepan orang banyak, pasti mereka membungkukkan badannya dan bilang permisi.

Soal bahasa juga demikian, meski di tanah rantauan orang jawa tetap melontarkan bahasa yang baik. Orang Jawa juga tahu aturan. Ketika di tanah rantauan dilarang ini dan itu, sebisa mungkin mereka akan mematuhi hal tersebut.

Selain karena status mereka sebagai pendatang. Hal-hal seperti inilah yang membuat mereka akhirnya disukai banyak orang di banyak tempat.

4.Orang Jawa Selalu Ringan Tangan.

Gotong Royong

Kalau yang ini mungkin umum,tapi ini juga merupakan ciri khas orang jawa, Suka menolong sudah ditanamkan sejak mereka masih kecil, orang tua selalu mengajarkan untuk menolong siapapun dan bagaimanapun keadaannya.

Kadang belum sampai kita ngomong, orang jawa biasanya akan langsung menawarkan  bantuan mereka, Baiknya lagi orang jawa tak akan sensi jika kita minta tolong berkali-kali. “Oh, gak papa kan memang harus saling tolong menolong,” begitu yang akan mereka katakan ketika kita sungkan gara-gara bolak balik minta tolong.

5.Orang Jawa Suka menyapa

Presiden Jokowi

Berhubungan dengan sikap SKSD tersebut, orang jawa juga dikenal akan kebiasaan Suka menyapa. Tak hanya ketika berpapasan di jalan, ketika kita tak sengaja lewat didepan rumah mereka, Begitu baiknya, kadang mereka akan mengajak kita masuk rumah untuk ngobrol bahkan ditemani singkong goreng dan minum kopi.

Terlepas presiden kita orang jawa, memang begitulah kebiasaan orang jawa. Mereka juga berinisiatif  untuk menyapa lebih dahulu, memang sudah semacam insting manusia untuk melakukan apapun supaya bisa diterima, termasuk dengan menyapa ini.

6.Pemalu dan Raja Sungkan

Memang tak semua orang jawa bisa membaur, sebagian lagi lebih banyak diam. Hal ini sebenarnya termasuk implikasi dari sikap bawaan mereka yang sopan dan kalem sehingga menghasilkan sifat pemalu dan sungkan.

Meski demikian, biasanya sifat pemalu dan sungkan yang ditunjukan orang jawa itu hanya pada awal perkenalan, ketika sudah akrab  mereka akan bersikap natural. Tapi, tetap untuk beberapa hal mereka akan konsisten dengan sikap itu.

7.Orang Jawa Cantik Dan Ganteng

Tak dipungkiri, jika bentuk fisik adalah alasan kuat seseorang disukai, yang mana biasanya cewek nya cantik dan cowoknya juga ganteng.

Hal ini pun membuat mereka makin gampang untuk diterima di tanah rantauan. Bahkan cukup banyak tuh gadis-gadis terpikat dengan pria Jawa yang ada di tempat mereka atau sebaliknya. Bahkan sampai ada yang menikah dan akhirnya menetap di tanah rantauan sampai akhir hayat.

Setiap orang punya sifatnya masing-masing, tergantung bagaimana cara kita menatanya. Apalagi di tempat baru yang notabene berbeda kultur dengan kita. Soal itu, mungkin tak ada salahnya jika kita sedikit belajar sifat-sifat orang Jawa di atas.

Alasan-alasan inilah yang membuat orang jawa  disukai dimanapun mereka tinggal, sebenarnya masih ada beberapa sifat dari orang-orang jawa, tapi mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan.

Disclaimer: Gambar, artikel atau video yang ada di web terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dimiliki oleh sumber. Jika ada masalah dengan masalah ini, Anda dapat menghubungi kami

Click here for comments 0 komentar:

Terima kasih atas komentar Anda